Yohanes Chandra Ekajaya Berbagi Tips Membuat Roti Prata Singapore

roti prata enak buatan pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Roti prata adalah salah satu makanan khas Singapore yang mirip dengan roti Maryam. Pada umumnya roti prata disajikan besama dengan kari dan gulai atau susu, Yohnaes Chandra Ekajaya mencicipinya disaat berlibur ke Singapore dengan segelas susu. Roti prata merupakan salah satu sajian disaat sarapan pagi, makan siang maupun disaat makan malam.

Pada kesempatan kali ini Yohanes Chandra Ekajaya akan sedikit berbagi resep bagaimana cara membuat Roti Prata yang lezat dan tentu saja tidak kalah enaknya dengan roti prata yang ktia santap di saat berkunjung ke Singapore, berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan beserta caranya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti prata:

  • 500 gram tepung trigu
  • 250 ml susu
  • 40 gram mentega
  • 5 sendok minyak untuk melapisi dan memasak
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Plastik wrap secukupnya

roti prata kegemaran pengusaha yohanes chandra ekajaya

Cara membuat roti prata:

  1. Campurkan air, gula pasir dan garam aduk hingga merata kemudian tambahkan 10 gram mentega, siapkan terigu dalam kom adonan kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata , uleni hingga adonan kalis.
  2. Bulatkan adonan dan diamkan selama 20 menit, potong dan timbang adonan 50 gram lalu bulatkan lumuri adonan dengan sisa mentega kemudian letakkan diatas loyang tutup dengan plastik wrap.
  3. Ambil satu adonan kemudian pipihkan hingga tipis seperti membuat kulit martabak lalu lipat tepinya kearah tengah lalu panaskan pan dadar dengan nyala api sedang olesi dengan mentega dan masak adonan yang sudah kita pipihkan hingga berwarna kuning kecoklatan
  4. Angkat lalu sajikan roti prata dengan susu hangat.

Cukup simple dan mudah bukan Yohanes Chandra Ekajaya dalam membuat roti prata, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang ingin mencicipi roti prata tanpa harus berkunjung ke Singapore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *