Raja Pizza Itu bernama Chandra Ekajaya

Muda, kreatif, dan memiliki segudang pengalaman bisnis adalah tiga hal yang patut disematkan oleh lelaki kelahiran Malang, Jawa Timur satu ini. Jika ada istilah berakit-rakit dahulu bersenang-senang kemudian, maka pria yang akrab dikenal dengan nama Chandra Ekajaya ini adalah sosok yang telah mempraktikkan istilah dalam peribahasa tersebut. Pasalnya, sejak usia yang masih amat belia, pengusaha muda sukses satu ini lahir dari keluarga yang kurang yang kurang beruntung dalam segi ekonomi. Ibunya yang merupakan seorang buruh cuci, dan ayahnya yang memiliki profesi sebagai buruh kebun apel menuntutnya harus bekerja keras sebagai seorang buruh pasar yang memiliki tugas menata sayur mayur di pasar saat menjelang fajar.

Tumbuh sebagai remaja, Chandra Ekajaya pun kemudian mencari pengalaman sekaligus menimba ilmu bisnis dan masuk pada bangku sekolah menengah atas. Pengalaman kerja kerasnya tersebut pun dimulainya dengan menjadi seorang buruh kebun apel yang dikelola oleh pamannya. Di kebun apel tersebut, ia mempelajari banyak hal termasuk bisnis yang menjadi tujuannya untuk meninggalkan rumah. Lepas sebagai seorang pelajar menengah atas, ia pun berpamitan dengan pamannya untuk melanjutkan studi manajemen dan bisnis di salah satu universitas swasta yang berada di Semarang. Selama menjadi seorang mahasiswa, kegiatan akademiknya pun terbagi dengan kegiatan bisnisnya. Menjadi seorang reseller makanan tradisional yang didistribusikan ke berbagai tempat seperti toko, minimarket, dan sebagainya.

Dok.Chandra Ekajaya

Pada akhirnya, ia pun harus meninggalkan kuliahnya tersebut yang menjadi tujuan semula.Dunia bisnis menjadi pilihannya sehingga menjadi salah satu alasan ia meninggalkan bangku akademiknya. Lepas menjadi seorang mahasiswa yang harus mengundurkan diri di akhir semester, ia pun kemudian membuka sebuah warung pizza. Warung tersebut bernama Q Pizza.

Makanan khas Italia tersebut menjadi salah satu produk yang diunggulkan oleh lelaki berambut kribo tersebut. Pizza menjadi salah satu menu kuliner yang sangat populer bagi para pecinta kuliner Indonesia. Pada akhirnya ia pun membuka produk tersebut untuk memenuhi kebutuhan kuliner khususnya kuliner Eropa yang mungkin sangat sulit dijangkau oleh para pecinta kuliner Indonesia. Dalam salah satu wawancaranya Chandra menyebutkan bahwa sebenarnya bisnis ini dibuka agar semua masyarakat Indonesia tidak kaget dengan makanan khas Italia. Ia pun sengaja membanderol harga produk tersebut dengan harga yang murah, namun tak luput pula bahwa produk tersebut diracik dengan kualitas yang sangat mumpuni.

Alasan menggarap bisnis ini karena pizza mempunyai kesempatan dan potensi besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Menurutnya, anak-anak muda di Indonesia pun memang dikenal suka dengan menu khas Eropa karena menu-menu tersebut terbilang cukup mahal secara banderol harga. Kini, Chandra Ekajaya telah berhasil menawarkan beraneka macam varian rasa dari makanan satu ini seperti keju, daging sapi, daging ayam, sosis, dan sebagainya. Sampai saat ini, Chandra telah sukses meningkatkan penjualan dari bisnis tersebut. Q Pizza kini telah dibuka di berbagai tempat dan telah berhasil mendirikan sekitaran 40 outlet yang tersebar di berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Surabaya, Semarang, Jogja, Makassar, dan sebagainya. Dengan strategi bisnis yang menarik yaitu dengan promosi via media sosial, ia pun berhasil mendapatkan keuntungan yang sangat menjanjikan. Selain itu, lelaki tersebut juga dapat dikatakana sukses menjadi seorang pebisnis yang dikenal kreatif dan sangat inspiratif. Di tangan Chandra Ekajaya, bisnis Q Pizza kini telah merajai dunia kuliner Indonesia dengan produk kebanggannya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *