Chandra Ekajaya Bisnis Penggemukan Sapi

Pengusaha Chandra Ekajaya dua minggu yang lalu dikunjungi oleh menteri kesehatan dari negeri jiran, Malaysia. Maksud dan tujuan kedatangan tamu dari negeri seberang tersebut ialah untuk melihat secara langsung perusahaan penggemukan sapi miliknya. Bagi mereka, teknologi penggemukan sapi merupakan teknologi yang lebih natural tetapi mutakhir.

Sebab, bila harus memilih antara pengubahan struktur DNA atau penggemukan ala Indonesia, maka mereka lebih memilih cara penggemukan. Secara biaya dan kesehatan itu lebih murah dan tidak mempunyai efek samping bagi sapi. Saat kunjungan itu, menteri kesehatan Malaysia mendapatkan pengetahuan dan penjelasan dari Manajer Pusat Cowyu, nama perusahaan penggemukan sapi Chandra Ekajaya tersebut.

Dok.Chandra Ekajaya

Kunjungan tersebut dilatar belakangi oleh kerja sama antara negeri jiran dengan perusahaan Cowyu. Nantinya kerja sama itu akan dibawa lebih spesifik ke sektor peternakan, khususnya sapi. Sehingga nantinya dapat menghasilkan produksi daging merah yang lebih banyak dan berkualitas. Pemilik perusahaan ini pun sangat senang karena mendapat kunjungan secara langsung, sehingga rekanan dan klien dapat membuktikan sendiri kualitas yang dihasilkan.

Industri peternakan di Indonesia sudah disesuaikan dengan konsep adat, yaitu menggunakan pranata mangsa. Sehingga tidak akan berbenturan dengan astronomi, alam, dan budaya Indonesia. Manajer pusat pun berharap semoga nantinya kerja sama ini akan ditindaklanjuti dengan pengembangan infrastruktur di kedua negara.

Kedaulatan pangan adalah visi dan misi perusahaan ini. Sebab sesuai dengan jangka dari para leluhur Nuswantara, dunia akan mengalami krisis pangan yang dahsyat. Karena itu Indonesia sebagai zamrud khatulistiwa akan menjadi mercusuar dunia, terutama di bidang pangan. Karena hanya bangsa dan negara inilah yang mampu menghidupi dunia dengan padi, beras, sayur mayur, lauk pauk, dan segala macam makanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *